Senin, 18 Oktober 2010

Burger King lepas dari Sinar Mas

Gergasi jaringan restoran makanan cepat saji Amerika Serikat, Burger King, memutuskan untuk menghentikan pembelian minyak kelapa sawit yang diproduksi Sinar Mas dan anak usahanya. Hasil verifikasi oleh auditor independen terhadap unit usaha Sinar Mas, PT Smart Tbk, menunjukkan aktivitas yang tak konsisten dengan komitmen tanggung jawab perusahaannya.

Dengan demikian, berarti Burger King bergabung dengan Unilever, Nestle, dan Kraft untuk menolak pembelian minyak sawit dari Sinar Mas. Keputusan tersebut juga dikhawatirkan bakal mengundang perusahaan lain semacam Pizza Hut, Kentucky Fried Chicken, dan Dunkin' Donuts untuk mengambil kebijakan serupa.

Dalam pernyataannya, Burger King menegaskan, "Kami percaya laporan tersebut telah meningkatkan keprihatinan terhadap beberapa praktek keberlanjutan atas produksi minyak sawit Sinar Mas dan dampaknya pada hutan tropis," kata Burger King dalam siaran persnya seperti dikutip yang dikutip Radio Australia, Jumat (3/9).

Keputusan Burger King ini muncul setelah keluarnya hasil verifikasi tim independen yang disusun oleh lembaga verifikasi Control Union Certification (CUC) dan BSI Group terhadap PT Sinar Mas Agro Research and Technology Tbk (Smart) dan induk perusahaan Smart yaitu Golden Agri Resources.


Sumber : Bobby Chandra - Tempo Interaktif


Lihat juga : dim sum, wine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar