Selasa, 19 Oktober 2010

Apa itu Vermouth?

Vermouth adalah wine (anggur) fortifikasi yang ditambah berbagai jenis rempah-rempah yang rasanya pahit, antara lain: Artemisia absinthium, adas manis, kina, kayu manis, biji ketumbar, cengkeh, quassia, kulit jeruk pahit, dan sebagainya. Setelah melalui tahap-tahap pemrosesan seperti disimpan dan disaring, hasilnya adalah anggur vermouth berwarna putih (bening). Asal usul nama vermouth adalah wermut, bahasa Jerman untuk nama tanaman semak A. absinthium.

Vermouth dipakai sebagai campuran koktail atau diminum sebagai aperitif. Cinzano, Martini & Rossi, dan Noilly Prat adalah beberapa merek vermouth yang utama.

Vermouth terdiri dari dua jenis, vermouth Italia (vermouth manis atau vermouth merah) dan vermouth Perancis (dry vermouth atau vermouth putih). Vermouth Italia berwarna agak kemerah-merahan sementara vermouth Perancis berwarna agak kekuningan. Pada umumnya, vermouth Italia umumnya mengandung kadar alkohol sekitar 16%-18% dan kadar gula 4%-16%. Sementara itu, vermouth Perancis mengandung kadar alkohol 18% dan kadar gula 4%.


Lihat juga : Burger King, Sate

Tidak ada komentar:

Posting Komentar