Selasa, 09 November 2010

Enaknya Soto Jamur Nasi Merah

Soto adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah sapi dan ayam, tapi juga babi dan kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis Soto sendiri, dengan kandungan yang berbeda-beda, misalnya Soto Kediri Soto Madura,Soto Betawi, Soto Padang, Soto Bandung, Soto Sokaraja, Soto Banjar, Soto Medan, coto Makassar. Soto juga dinamai menurut kandungannya, misalnya Soto ayam, Soto babat, Soto kambing. Soto memiliki banyak kemiripan dengan sop.

Gurih, segar, dan menyehatkan, itulah yang bisa diungkapkan saat menyantap menu Soto jamur nasi merah. Pasalnya, bahan-bahan Soto ini berbeda dengan bahan pada umunya. Tak heran soto ini menjadi andalan di warung makan di Umoyo, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Ide pembuatan Soto jamur nasi merah ini berawal dari coba-coba, pasalnya selama ini Soto hanya terbuat dari bahan yang monoton.

Proses pembutan Soto jamur nasi merah sanggatlah sederhana. Mula-mula jamur tiram yang segar dibersihkan kemudian direbus beberapa menit lalu diangkat. Selanjutnya jamur disuwir serta dicampur dengan nasi merah, bihun irisan wortel, kecambah, garam, penyedap rasa, daun sledri, bawang goreng, dan disiram kuah kaldu ayam. Soto jamur nasi merah pun siap dihidangkan.

Untuk satu porsi Soto jamur nasi merah ini kita cukup membayar Rp 4.000. Dalam sehari warung soto jamur tiram ini mampu menjual 40 hingga 55 porsi. Uniknya lagi, Soto disajikan dengan mangkuk dari tanah liat, sehingga membuat ketagihan akan kelezatannya. Jika anda sedang melintas di Magelang, jangan lupa mampir ke warung Soto jamur nasi merah.(ADO - Yon Daryono - Liputan 6)

Lihat juga :
Steak
Sushi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar